Pages

Cara Memasarkan Produk Affiliasi di Clickbank dengan Benar

Clickbank telah membuka peluang usaha yang mempunyai potensi yang bagus untuk para pelaku bisnis online di Indonesia, karena sejak bulan Maret tahun 2009 telah dibukanya kesempatan untuk orang Indonesia menjadi affiliate mereka.

Dan dengan tampilan website yang semakin menarik dan fun. Keberadaan clickbank selama 10 tahun terakhir ini juga diperkuat dengan komitment mereka untuk membayar semua klien mereka ontime dan tidak pernah ada “miss” sekalipun.

Membuat para publisher maupun para affiliate dapat menjalankan bisnisnya dengan aman dan tenang. Tidak ada lagi perasaan khawatir, takut tidak dibayar atau pembayaran yang tidak sesuai.

Dengan klien yang tersebar di 145 negara seluruh dunia, clickbank telah menjadi retailer online terbesar didunia dengan 25,000 transaksi setiap harinya dari seluruh dunia. Clickbank juga memiliki lebih dari 100,000 affiliates dan 12,000 publisher di seluruh dunia.

Menerima 13 mata uang asing, clickbank memenuhi permintaan dari seluruh dunia dan dapat bertransaksi menggunakan bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, dan Jerman. Semakin terbukanya peluang usaha dalam bisnis online di Indonesia dan di Asia.

Kalau anda bergabung menjadi seorang affiliate clickbank, besarnya komisi berkisar antara 1% hingga 75% dan akan ditentukan oleh penjual produk (vendors). Komisi maksimal $150 dan minimum adalah $0,25. Kalau anda mempromosikan suatu produk clickbank yang bersifat langganan atau disebut penagihan berulang seperti subscription.

Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap tagihan yang dibayarkan. Jumlah komisi yang diperoleh oleh seorang affiliate sama antara pada saat awal pembayaran, dengan pada saat pembayaran langganan berikutnya dan itu dinamakan rebill.

Produk-produk clickbank yang sifatnya berlangganan, misalnya langganan kursus internet marketing bulanan atau langganan untuk beriklan secara bulanan.

Biasanya clickbank akan melakukan penagihan beberapa kali melalui kartu kredit atau mencoba memperoleh informasi penagihan baru. Dan anda sebagai seorang affiliate, anda tidak akan diberikan komisi sampai pelanggan melakukan pembayaran kembali.

Beberapa affiliate mempunyai strategi sendiri dalam mempromosikan produk affiliasi clickbank, sebagian dari mereka ada yang lebih senang untuk mempromosikan produk-produk terkenal yang menarik minat banyak affiliate (yang mempunyai gravity tinggi), ada juga sebagian dari mereka yang lebih memilih untuk mempromosikan produk-produk yang kurang banyak diiklankan (yang mempunyai gravity rendah).

Anda dapat mengurutkan produk-produk clickbank pada clickbank marketplace berdasarkan masing-masing kategori dan sub kategori, dengan statistic jumlah penjualan yang berbeda-beda. Cara lain adalah anda bisa mempromosikan produk-produk yang menurut anda disajikan dengan baik dan besar kemungkinan akan menjadi pasar potensial bagi customer atau pelanggan.

Untuk produk standar, clickbank membeli produk dari vendor dengan harga grosir atau setara dengan 92,5% dari harga ritel, kurag dari US $ 1 adalah biaya stok.

Untuk affiliate yang melakukan penjualan langsung, besarnya presentase komisi dihitung berdasarkan harga penjualan bersih ini.

Seandainya terjadi bahwa anda telah melakukan penjualan, tetapi belum menerima cek, terdapat dua kemungkinan alasan yaitu: Anda mungkin tidak memenuhi customer distribution requirement atau anda mungkin belum mencapai batas minimal pembayaran anda.

Clickbank sangat melindungi hak anda sebagai seorang affiliate, clickbank menangani dua hal yaitu pemberian komisi dan penjualan. Seorang vendor tidak akan dapat curang terhadap seorang affiliate dengan tidak membayarkan komisi penjualan atau pura-pura penjualan yang telah terjadi dikembalikan atau dibatalkan oleh pelanggan.

Sebab satu-satunya cara yang dapat membatalkan komisi adalah dengan cara menyetujui untuk mengembalikan pesanan.

Anda juga bisa melakukan promosi pada produk clickbank atau layanan dalam bahasa lain selain bahasa inggris. Dalam hal ini komisi anda tidak akan terpengaruh oleh masalah bahasa. Anda tetap akan mendapatkan komisi anda walaupun anda melakukan promosi untuk produk selain produk berbahasa inggris

0 komentar:

Posting Komentar