Pages

Meningkatkan pengunjung blog : Strategi Long Tail Keywords



Meningkatnya trafik blog atau situs banyak memberikan manfaat bagi pemiliknya tentunya. Misalnya: bagi para affliliate atau reseller bisnis online, dapat berarti meningkatnya potensi jumlah penjualan dan komisi. Untuk blogger, peningkatan trafik melalui search engines berarti peningkatan pengunjung baru dan juga keuntungan jangka panjang dari iklan on site (iklan yang terdapat di blog). Namun bagaimana cara mendatangkan pengunjung lebih banyak melalui search engines? Salah satu yang anda perlukan adalah strategi long tail keywords.

Teori strategi long tail pertama kali diungkapkan oleh Chris Anderson dalam seminal 2004 article Wired Magazine. Long tail adalah teori yang mengusulkan bagaimana menjadikan penjualan produk yang kurang laku (low in demand) dapat meningkat tajam seperti produk best seller. Anderson berpendapat bahwa dengan melayani pasar minoritas, membuat dan menyediakan produk (low in demand) yang sesuai secara konsisten dapat meningkatkan keuntungan yang besar dibandingan jika harus bertarung dan hanya terfokus pada produk yang sudah lebih dulu popular.

Bagaimana sih teorinya?
Long tail adalah pergeseran ekonomi dalam hal ini produk utama dan pemimpin pasar yang jumlahnya hanya beberapa menuju niche-niche kecil yang jumlahnya sangat banyak. Pergeseran seperti itu diramalkan bakal meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya biaya produksi dan distribusi khususnya dalam bisnis online. Dengan rendahnya biaya-biaya tersebut anda dapat dengan bebas memasarkan produk-produk specific tanpa harus berpikir tentang cost yang tinggi. Oleh karena itu, sudah tidak perlu lagilah membuat produk yang memuaskan semua konsumen.
Di era digital seperti ini, dimana sudah tidak ada batasan waktu dan jarak, produk dan jasa yang sangat spesifik dapat dikemas sangat menarik namun irit dan efektif.

Ketika teori itu diterapkan pada situs atau web, dapat diartikan bahwa menggunakan variasi kata kunci untuk produk yang low in demand akan dapat memberikan trafik yang lebih dibandingkan jika hanya dengan satu kata kunci utama.

Oleh karena itu, fokuskan dalam membangun variasi long tail keywords meskipun trafiknya sedikit, karena kalau dijumlahkan semua dapat meningkatkan trafik secara signifikan.

Nah sekarang apa sih Long Tail Keywords?
Sederhananya adalah gabungan beberapa frase yang ditulis konsumen di kotak pencarian search engines untuk mencari informasi tertentu; yang akhirnya sampai pada situs anda. Dengan long tail keywords ini, maka anda dapat menarik pengunjung spesifik dan tertarget dibandingkan dengan keyword umum.

Sebagai contoh: “Bisnis online” sebagai keyword umum dan long tail keywords untuk kata kunci umum itu adalah:
• Blog Bisnis Online
• Bisnis Online Gratis
• Peluang Bisnis Online
• Bisnis Online Indonesia
• Rahasia Sukses Bisnis Online
• Sukses Bisnis Online

Long tail keywords di atas adalah aktual; maksudnya memang ada pengunjung yang mencari informasi dengan kata kunci itu, oleh karena itu anda dapat mengoptimalkan blog dengan menulis konten yang sesuai dengan kata kunci yang sudah ada (sesuai dengan topik blog dan artikel anda tentunya). Dengan begitu anda dapat menarik pengunjung yang mencari informasi melalui kata kunci tersebut atau variasi yang identik.

1 komentar:

niddumulu mengatakan...

boleh tuh dicoba

Posting Komentar