Pages

Menjalankan Affiliate Marketing di Clickbank.Com Dengan Tepat

Ada banyak sekali model bisnis internet yang saat ini bertebaran. Setiap jenis bisnis ini tentu memiliki tata cara dan strategi masing-masing.

Salah satu bisnis yang mudah dijalankan oleh pemula adalah affiliate marketing, dimana prinsip kerjanya hampir mirip dengan bisnis makelar atau broker hanya medianya saja lewat internet. Dan kalau sudah berbicara soal affiliate marketing, tidak akan bisa lepas dari bisnis clickbank.

Clickbank.com adalah website yang memiliki layanan penjualan produk digital terbesar di internet. Clickbank juga memiliki manajemen program affiliate marketing (affiliate merchant) yang sangat baik. Di bisnis inilah tempat bertemunya para pemilik produk, agen penjual produk (affiliate marketer), dan pembeli produk.

Lain halnya dengan website amazon yang menjual produk fisik, clickbank menjual produk-produk yang sifatnya digital. Kebanyakan produk yang dijual disini adalah ebook.

Meski hanya produk digital, namun omzet yang dihasilkan dari transaksi bisnis clickbank mencapai ratusan bahkan jutaan dollar setiap bulannya. Ini dikarenakan bisnis ini sifatnya global dan memiliki pasar internasional di seluruh penjuru dunia.

Bisnis affiliasi di clickbank.com ini cukup digemari. Disamping prosentase komisi affiliatenya yang lumayan, komisi dibayarkan dalam bentuk mata uang dollar.

Pembayaran komisi yang kita terima menggunakan cek yang dikirim setiap 2 minggu sekali. Yang lebih menarik lagi, untuk bergabung di bisnis affilliasi clickbank tidak dibutuhkan biaya sama sekali alias gratis. Artinya, tanpa modal pun kita sudah bisa mulai berbisnis clickbank.

Sukses berbisnis affiliasi di clickbank.com dimulai dari awal ketika kita akan menentukan produk yang akan dijual. Dalam hal ini, kita diberi kebebasan mau memasarkan produk apapun yang kita mau.

Oleh karena itu sebagai langkah awal, kita perlu melakukan riset pasar agar setiap usaha yang dilakukan dalam mempromosikan produk-produk affiliate tidak sia-sia.

Dengan kata lain, kita mencari produk yang banyak dicari dengan tingkat persaingan yang rendah.

Setelah produk clickbank yang akan dipasarkan sudah dipilih, kita bisa membuat semacam minisite ataupun blog. Isinya tentu berupa review ataupun informasi-informasi yang mengarah pada penjualan produk. Strategi yang digunakan bebas. Anda bisa memilih strategi hard marketing ataupun soft marketing.

Yang perlu diingat, dalam membuat review ataupun informasi-informasi yang berujung pada pembelian produk clickbank, Anda perlu menggunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak bertele-tele namun memiliki sifat persuasi. Untuk itu Anda bisa belajar bagaimana menulis sales letter.

Adapun ilmu yang mempelajari bagaimana menulis sales letter biasa disebut dengan ilmu copywriting.

Bila memang tersedia cukup modal, Anda tidak perlu repot. Saat ini sudah banyak produk-produk yang menjual satu paket minisite berisi review produk clickbank yang sudah terbukti laris terjual.

Bahkan canggihnya lagi semua sudah teroptimisasi dengan baik untuk kepentingan SEO.

Sesudah minisite selesai, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan minisite atau blog review produk clickbank Anda.

Ada Beberapa pilihan cara yang bisa Anda pertimbangkan untuk mempromosikan minisite Anda, diantaranya :

1. Membeli Traffic / Pengunjung

Membeli traffic maksudnya adalah kita membayar untuk setiap pengunjung yang datang ke minisite review clickbank yang sudah disiapkan sebelumnya.

Nama lain dari cara ini adalah Pay Per Click (PPC). Adapun salah satu penyedia jasa PPC yang cukup terkenal adalah Google Adwords.

2. Menggunakan Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah cara yang juga banyak digunakan. Dengan SEO kita bisa mendatangkan pengunjung tertarget secara gratis dari search engine. SEO ini agak berlawanan dengan PPC karena waktu yang dibutuhkan untuk mendatangkan traffic relatif lama.

Namun begitu minisite review clickbank Anda ada di halaman pertama hasil pencarian search engine, maka Anda akan mendapatkan banyak pengunjung secara gratis.

Satu hal lagi, karena pembayaran clickbank menggunakan PayPal, ada baiknya Anda terlebih dahulu membuat account PayPal. Lagipula membuat account PayPal juga sama gratisnya.

1 komentar:

sofyanto mengatakan...

OK. AKU COBA IKUTI PETUNJUKNYA. TUK INFO..BLOGNYA GAN BELUM SEO JUGA TUH.. SCORENYA CUMA 44.

Posting Komentar