Pages

Cara Memilih Niche Market

Sejak Clickbank dibuka untuk orang Indonesia, semakin banyak kesempatan untuk orang Indonesia dapat berbisnis online. Berita gembira ini sudah lama-lama ditunggu oleh para Internet marketer Indonesia. Karena menurut kabar, clickbank memiliki koleksi produk-produk yang bagus dan mudah untuk dijual. Dengan bergabung menjadi affililiate clickbank anda akan mendapatkan komisi dari penjualan produk yang anda promosikan. Di clickbank anda juga bisa menitipkan produk kita untuk dijual. Sebagai pemula, sebaiknya anda mencoba menjadi affiliate dulu.

Hal yang semestinya anda lakukan untuk menjadi affiliate clickbank adalah :

1. Mendaftar menjadi seorang affiliate clickbank

Gratis dan pasti diterima. Beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mendaftar adalah payee name, gunakan nama sesuai KTP/ID pengenal anda, karena di clickbank anda akan mendapatkan pembayaran berupa cek, jadi ketika anda mencairkan cek, nama anda harus sesuai dengan data yang ada di ID pengenal anda.

Dan juga masalah Nickname, ini adalah ID clickbank yang akan terlihat oleh calon pembeli, sebaiknya pilin nickname yang yang bagus dan ada nilai jualnya, seperti : order, ordernow, pesan, join, informasi, info, ebook, video, support, help, sold. Atau juga bisa anda menggunakan kata yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan.

Nantinya username anda akan kelihatan seperti ini : www.namadomain.com/?id=order , pasti calon pembeli anda akan mengira bahwa itu adalah satu halaman dengan website tersebut.

2. Memilih Niche untuk mulai dipasarkan

Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih produk clickbank, karena di clickbank terdapat ribuan produk yang bisa anda jual. Semua itu harus dengan riset dan analisa, apakah produk tersebut laku atau banyak pencarinya. Dan tentu saja dengan sedikit persaingan dalam menjual.

Memilih niche untuk produk clickbank susah-susah gampang. Susah kalau anda tidak tahu, tapi gampang kalau anda sudah mengerti bagaimana caranya. Karena tidak semua kata kunci itu niche. Anda harus menentukan niche mana yang menguntungkan, ada dua penilaian, R/S dan KEI adalah untuk menentukan untung tidaknya suatu niche.

R/S adalah kependekan dari Result/Searches, yaitu indikasi dari berapa banyak websie yang sudah ada, yang mengandung keyword dari produk clickbank tersebut, dibagi berapa kali keyword tersebut di cari orang dalam sebulan.

Anda bisa pergi ke google untuk mencari R, kemudian mengetikkn allintitle:keyword dan lihat berapa banyak website yang mengandung keyword produk clickbank pada titlenya. Karena menurut Brad Callen seorang webmaster yang serius harus menggunakan keyword di page titlenya untuk mengoptimalkan webnya. Karena itu ketika mencari di google kita perlu pakai kata allintitle:

Kalau untuk mencari S, anda bisa menggunakan Keyword Tool External dari google, atau alat yang lain karena masih banyak alat yang lain yang dapat digunakan. Semakin kecil nilai R/S semakin baik. Memang nilai R/S sendiri belum cukup menentukan keefektifan suaty keyword. Sebagai contoh, keyword anda bernilai R/S 0.05, tetapi dalam satu bulan ternyata yang mencari produk clickbank itu hanya 10 orang saja, keyword itu tidak bisa dioptimize dan di monetize.

Dan disinilah nilai KEI sangat menentukan. Semakin besar nilai KEI semakin baik. KEI yang paling bagus jika nilainya diatas 400. Anda bisa mempergunakan wordtracker versi trial, atau beli tools yang bisa anda pergunakan mencari nilai KEI.

Dapat disimpulan untuk menentukan suatu niche adalah :

- Pertama anda bisa menentukan topic umum (misalnya health)

- Kemudian cari keyword turunan dari topic umum (misalnya health and beauty, natural and health, dll)

- Cari nilai R/S dan KEI-nya.

- Pelajari daftar keyword, cari yang R/S nya kecil (dibawah 10) dan juga yang KEI-nya besar (diatas 400)

- Cari di dalam daftar clickbank produk manakah yang sesuai dengan riset keyword niche tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar